Zumi Zola Secara Resmi Dipecat Partai Amanat Nasional

Berita, Kriminal, Nasional 0
Zum Zola

Zum Zola (Foto: Instagram @zumizolazulkifliforjambi)

Cikancah-Cyber – Gubernur Jambi Zumi Zola telah resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena kasus suap senilai Rp 6 miliar. Zumi Zola mulai Senin, 9/4/2018 ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)‎.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan berkomentar terkait kasus yang membelit kadernya, Zumi Zola. Menurut Zulkifli kasus yang menimpa Zumi Zola harus menjadi pembelajaran bagi kader PAN di seluruh daerah, untuk menjuhi praktik korupsi.

Lebih lanjut Zulkifli mengatakan, sejak ditetapkan sebagai tersangka, Zumi Zola telah dipecat dari keanggotaan partainya.  Zumi Zola telah otomatis dikeluarkan dari keanggotaan partai berlambang matahari terbit tersebut sebagaimana telah diatur dalam ad/artnya.

“Ya otomatis kalau itu sudah jauh hari, pakai ditanya lagi, sudah lama,” kata Zulkifli.

Dalam kasus tersebut Partai Amanat Nasional (PAN) tidak akan memberikan bantuan hukum kepada Zumi Zola, sebab, Zumi telah memiliki penasihat hukum sendiri.

Untuk itu, KPK melakukan penahanan terhadap Gubernur Jambi Zumi Zola selama 20 hari ke depan di rumah tahanan (rutan) cabang KPK di Kavling C-1, Jakarta.

Diketahui, Zumi Zola bersama Plt Kadis PUPR Jambi Arfan ditetapkan sebagai tersangka kasus suap dan gratifikasi atas proyek-proyek di Pemprov Jambi.

Atas perbuatannya, Zumi dan Arfan disangkakan pasal 12 huruf B Undang-undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor, sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply