Akibat Banjir Bandang di Banyuwangi Ratusan Rumah Rusak

Berita, Nasional 0
Akibat Banjir Bandang Ratusan Rumah Rusak

Akibat Banjir Bandang Ratusan Rumah Rusak (Foto: BNPB)

Cikancah-Cyber – Banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur berdampak tehadap ratusan rumah. Sebanyak 415 rumah rusak.

Hujan deras yang turun di lereng Gunung Raung di wilayah Kecamatan Songgon sejak Kamis (21/6) pukul 21.00 WIB hingga Jumat pagi menyebabkan longsor lereng disertai tumbangnya pohon-pohon di hutan di lereng Gunung Raung.

Material longsor dan kayu gelondongan menyumbat sungai dan aliran permukaan. Saat hujan terus berlangsung, akhirnya terjadi banjir bandang di sepanjang Sungai Badeng, Sungai Binau, dan Sungai Kumbo.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Jawa Timur, mendata rumah yang mengalami kerusakan akibat banjir bandang di empat dusun Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, sebanyak 415 rumah dan 23 rumah di antaranya rusak parah.

Kerusakan akibat banjir bandang yang dialami rumah-rumah tersebut beragam. Mulai dari kerusakan ringan hingga berat dan kategori rumah rusak berat, yakni ambruk, jebol, dan roboh tercatat sebanyak 23 rumah.

Sebanyak 118 rumah rusak sedang dengan kerusakan lumpur masuk rumah warga dengan ketinggian 20-100 cm, sedangkan sisanya sebanyak 274 rumah mengalami rusak ringan.

Saat ini tim BPBD konsentrasi pada pembersihan jalan utama Gambor yang merupakan jalur alternatif Banyuwangi-Jember. Dengan mengerahkan 2 dump truck dan empat ekskavator (alat berat) untuk mengambil material dan sedimen yang tersisa.

Selai itu, Tim BPBD Banyuwangi yang juga dibantu personel dari Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Batu, Jember, dan Pemprov Jatim, membersihkan fasilitas umum, seperti masjid, agar segera digunakan kembali oleh masyarakat. Kemudian membersihkan rumah-rumah warga.

Hingga kini terdapat 30 KK atau 150 jiwa untuk sementara diungsikan di pos penampungan yang berada di Balai desa Alasmalang Kecamatan Singojuruh.

Baca Juga:   Batik Air Delay Satu Jam, Akibat Isu Ada Bom
Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply