Di Hari Pencoblosan Pilkada Serentak 2018 Dipastikan Libur, Ayo Datang ke TPS

Pilkada 2018 Dipastikan Libur, Ayo Datang ke TPS

Pilkada 2018 Dipastikan Libur, Ayo Datang ke TPS (Ilustrasi)

Cikancah-Cyber – Hari pencoblosan Pilkada Serentak 2018 sudah di ambang mata. Segala persiapan telah dilakukan oleh KPU. Terkait pelaksanaannya, dipastikan bahwa hari itu, Rabu 27 Juni 2018, diliburkan.

Melansir Merdeka.com, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menegaskan kapan pun hari pemungutan suara, baik itu yang terjadi di sebagian wilayah seperti Pilkada 2018, atau Pemilu 2019, haruslah menjadi hari libur nasional.

Karena menurutnya, hal ini telah dijelaskan lewat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2015, tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2015 sebagai Hari Libur Nasional.

Baca Juga : Harapan “Perludem” kepada KPU Jelang Pilkada 2018 Berjalan Optimal

“Itu perintah Undang-Undang bahwa Pemilu, Pemilukada, dilaksanakan pada hari libur atau hari yang diliburkan. Jadi kalau KPU bikin hari Minggu, ya sudah hari libur. Tapi kalau KPU bikinnya tidak pada hari libur, maka hari itu harus diliburkan,” kata Arief.

Menurut Arief, aturan tersebut dibuat presiden agar mencegah hal tidak diinginkan, seperti mobilisasi massa di wilayah dan daerah yang tidak melakukan pemungutan suara.

Kendati penegasan KPU soal hari libur sudah cukup gamblang, namun sejauh ini pemerintah diketahui masih menggodok kebijakan tersebut. Menurut Arief, hal itu bukan sebuah kegamangan, melainkan penataan proses administrasi yang tinggal menunggu waktu.

Kementerian Dalam Negeri membenarkan telah menyiapkan Keppres mengenai libur di hari pemungutan suara Pilkada serentak, tinggal finalisasi saja dan akan dikeluarkan dalam waktu dekat.

Baca Juga:   Menteri Susi Pudjiastuti Lulus Kejar Paket C dengan Nilai Tertinggi
Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply