Ini yang Tak Boleh Dilakukan Selama Masa Tenang Pilkada

Pilkada 2018

Pilkada 2018 (Ilustrasi)

Cikancah-Cyber – Pilkada serentak 2018 sudah diambang mata dan tinggal menghitung hari saja. Masa tenang Pilkada 2018 diberlakukan pada 24-26 Juni 2018. Pada saat masa tenang, pasangan calon dan tim sukses dilarang berkampanye lagi dan harus menutup akun resmi di media sosial.

Menurut Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi berharap, selama masa tenang tidak boleh lagi ada aktivitas kampanye apapun. Begitu pula semua paslon dan tim kampanye tidak melakukan politik uang selama masa kampanye.

“Pertama, selama masa tenang tidak boleh lagi ada aktivitas kampanye apapun. Kedua, diharapkan semua paslon dan tim kampanye tidak melakukan politik uang selama masa kampanye,” ujar Pramono.

Selain itu, Pramono juga mengimbau masyarakat memanfaatkan masa tenang untuk menentukan pilihan. Pencoblosan Pilkada di 171 daerah akan berlangsung pada 27 Juni 2018.

“Warga masyarakat harus memanfaatkan masa tenang untuk menimbang dengan penuh kesadaran, berdasarkan informasi dan data yang akurat, siapa yang akan dipilih pada hari pemungutan suara nanti,” katanya.

Baca Juga : KPU Kab. Ciamis Tetapkan 921.928 Orang Kedalam Daftar Pemilih Sementara Pilkada 2018

Perlu diketahui, aturan tentang masa tenang Pilkada ini telah tercantum di PKPU 4/2017 tentang Kampanye. Dilansir dari laman Detik.com, berikut ini merupakan bunyi beberapa pasal dan ayat terkait masa tenang :

Pasal 50

Partai Politik atau Gabungan Partai Politik, Pasangan Calon dan/atau Tim Kampanye wajib menutup akun resmi di media sosial paling lambat 1 (satu) hari setelah masa Kampanye berakhir.

Pasal 51

(2) Masa tenang Kampanye sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berlangsung selama 3 (tiga) hari sebelum hari dan tanggal pemungutan suara.
(3) Pada masa tenang sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Pasangan Calon dilarang melaksanakan Kampanye dalam bentuk apapun.

Pasal 54

(4) Selama masa tenang, media massa cetak, elektronik, dan lembaga penyiaran, dilarang menyiarkan iklan, rekam jejak Partai Politik atau Gabungan Partai Politik, Pasangan Calon dan/atau Tim Kampanye, atau bentuk lainnya yang mengarah kepada kepentingan Kampanye yang menguntungkan atau merugikan Pasangan Calon

Baca Juga:   54 Artis Ikut Daftar Caleg, Paling Banyak dari Partai ini
Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply