Inilah 8 Tips Mudik Aman Menggunakan Kendaraan Umum Bus

Artikel, Berita 0
Inilah 8 Tips Mudik Aman Menggunakan Kendaraan Umum Bus

Ilustrasi/pixabay

Cikancah-Cyber – Tradisi mudik setiap tahun memang sudah menjadi agenda besar para perantau diseluruh negeri ini. Para pemudikpun menggunakan berbagai moda transportasi untuk bisa sampai ke kampung halamannya baik lewat darat, udara maupun laut. Unsur keselamatan para pemudik memang mendapat perhatian khusus dari pemerintah terutama bagi yang menggunakan kendaraan/transportasi umum seperti Bus.

Bagi sebagian orang naik Bus masih menjadi sarana transportasi yang jadi idola untuk mengantar mereka sampai tujuan dengan selamat. Namun disisi lain akhir-akhir ini banyak kejadian yang berakibat sebagian orang menjadi takut kalau pulang kampung atau mudik menggunakan sarana Bus, mengapa demikian?

Seperti kita sering dengar dan lihat diberita-berita setiap arus mudik atau balik pasti ada saja korban dari penumpang bis, baik itu karena copet, dibius, dihipnotis atau tindakan kurang baik lainnya yang diterima para penumpang bus.

Para pengguna Bus saat mudik memang menjadi sasaran orang-orang yang mempunyai niat tidak baik dan momen lebaran atau mudik biasanya kejadian tindak kejahatan terhadap penumpang bus meningkat.

Selain peran petugas dalam hal ini kepolisian dalam menjaga dan melindungi warga yang mau mudik tentunya dari diri kita sendiri harus siap secara lahir bathin dan selalu waspada dengan situasi dan kondisi baik saat di terminal atau sudah dalam bus itu sendiri.

Berikut 8 (delapan) Tips Mudik dengan  dengan Bus bisa aman dan selamat :

 

1. Persiapkan Mental 

Perjalanan mudik memang tidak seperti perjalanan biasa, selain penumpangnya pasti banyak situasi juga agak sulit terkontrol dengan banyaknya orang yang akan mudik ke berbagai tujuan sehingga kondisi ini banyak dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan berniat melakukan tindak kejahatan.

Kita sebelum berangkat harus berdoa dan mempersiapkan mental bahwa kondisi di terminal nanti pasti ramai, jadi tetap jaga konsentrasi dan fokus pikiran kita jangan terbawa situasi yang kadang kita malah mengeluh dan akhirnya kondisi pikiran dan fisik kita jadi drop karena lelah melihat situasi yang ada. Dalam kondisi seperti ini biasanya orang yang berniat jahat gampang memanfaatkan kita yang sudah lemah.

Jadi usahakan mental kita kuat, fisik kita juga pasti mengikuti dan hal ini akan menjauhkan kita dari rayuan atau tipu daya jahat dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

2. Hati-hati dengan Barang-barang Berharga

Ada istilah kejahatan akan terjadi apabila ada peluang dari diri kita sendiri, jadi waspada dengan barang-barang berharga seperti perhiasan jangan sampai mengundang orang untuk bertindak jahat sama kita, lebih baik disimpan selama perjalanan dan diamankan pada tas khusus yang selalu terkontrol oleh kita.

Jangan menaruh uang yang berlebihan dalam dompet, dan usahakan dompet tidak disimpan pada saku belakang (pria) atau dalam tas yang gampang diambil (wanita). Usahakan semua barang-barang berharga ada dalam kontrol kita (gunakan tas tersendiri).

3. Jangan Mudah Percaya Sama Orang Yang Baru Kenal

Modus kejahatan kini banyak trik dan caranya, ada yang sok kenal, sok baik atau sok perhatian namun hati-hati dibalik itu semua jangan-jangan mereka berniat jahat sama kita. Jadi kalau ada yang mengajak ngobrol dan terlihat sok akrab banget kita harus waspada dan jangan diam sendiri carilah tempat menunggu yang aman (kalau masih di terminal) dan kalau sudah di dalam Bus kita harus bersikap tenang tetapi penuh dengan kehati-hatian dan perhatikan dia itu sendiri atau memang ada temannya yang lain.

4. Jangan Terima Minuman atau Makanan dari Orang Yang Tidak Kita Kenal

Modus bius atau hipnotis biasanya bermula orang itu seolah-olah baik dan perhatian sama kita dan menawarkan minuman atau makanan yang sebelumnya sudah dikasih obat yang bisa membuat kita tidak sadarkan diri.

5. Usahakan Tidak Mudik Sendirian

Untuk lebih aman lagi usahakan anda mudik bareng teman atau saudara agar bisa saling jaga dan mempersulit orang yang berniat tidak baik sama kita kalau kita terlihat tidak sendirian.

6. Jangan Terlihat Seperti Orang Linglung

Pada saat menunggu bus yang akan mengantar kita ketempat tujuan usahakan anda terlihat lebih rileks dan menguasai keadaan, jangan terlihat linglung karena kondisi ini sangat ditunggu oleh para pelaku kejahatan untuk memperdaya korbannya.

7. Gunakan Smartphone Seperlunya 

Penggunaan smartphone sekarang memang sudah menjadi kebutuhan, namun barang yang satu ini juga merupakan incaran empuk para pelaku kejahatan didalam terminal atau bus. Untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan usahakan seminim mungkin kita menggunakan smartphone dan jangan sampai mencuri perhatian orang disekeliling kita.

8. Pilih Tempat Duduk Tidak Terlalu Belakang

Kalau memungkinkan dan masih bisa memilih tempat duduk usahakan jangan terlalu belakang, kalau bisa duduk dibarisan empat ke depan sehingga kalau ada apa-apa mudah terlihat oleh kru bus itu sendiri.

Usahakan selalu waspada dan tetap konsen serta menguasai keadaan merupakan benteng terbaik buat diri kita agar tidak menjadi obyek tindak kejahatan.

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply