Inilah Prediksi Tiga Titik Rawan Macet Saat Mudik Lebaran Tahun Ini Menurut Menhub Budi Karya Sumadi

Berita 0
Inilah Prediksi Tiga Titik Rawan Macet Saat Mudik Lebaran Tahun Ini Menurut Menhub Budi Karya Sumadi

Menhub Budi Karya Sumadi (Kanan) Saat Meninjau Kesiapan Mudik/twitter

Cikancah-Cyber – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memperkirakan ada beberapa titik utama yang akan rawan kemacetan di jalur darat. Hal ini disampaikan Menhub usai menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2018 di Lapangan Silang Monas, Rabu (6/6).

“Perkiraannya ada beberapa titik utama yang menjadi rawan kemacetan di jalur darat. Kita perkirakan daerah yang paling rawan macet adalah Tol Cikampek, Cipali, dan Merak,” jelas Menhub.

Untuk menyikapi kondisi tersebut tentunya masyarakat agar lebih siap dan lebih tertib serta mengikuti semua rambu atau arahan para petugas yang berada dilapangan demi kelancaran kita bersama. Selain volume kendaraan memang ada beberapa faktor lain yang bisa mengakibatkan kemacetan diantaran adalah sikap para pengemudi itu sendiri, misalnya tidak berhenti sembarangan atau tidak konstan dalam mengatur kecepatan serta ada beberapa hal lainnya saat berkendara.

Menhub Budi Karya Sumadi juga sekaligus  meninjau tol fungsional dan melihat semua kesiapannya. Hasilnya peninjauan menunjukkan bahwa sudah jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu. Jadi jalannya bagus dan persiapan yang juga dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara sangat bagus. Kita pun sudah menyatakan akan berfungsi pada hari Jumat (8/6) pukul 06.00,” jelas Menhub.

Lebih lanjut, Menhub menjelaskan bahwa Kementerian Perhubungan juga telah melakukan riset yang telah dijalankan sebelum ditetapkannya libur panjang cuti bersama. Namun, terdapat evaluasi dari hasil riset tersebut. Dimana, adanya penambahan puncak arus mudik dan balik.

“Jadi kita bukan memperkirakan saja, tapi kita juga membuat riset sebelum pengumuman libur panjang. Semula puncak arus mudik adalah tanggal 12-13 Juni 2018 namun kita evaluasi lagi dan hasilnya terdapat 2 puncak mudik yaitu 8-9 Juni 2018 dan 12-13 Juni 2018. Begitu pula dengan arus balik yang semula tanggal 24-25 Juni 2018 namun setelah dievaluasi menunjukkan pada tanggal 19-20 Juni 2018 lebih banyak,” tutup Menhub seperti dikutip dari laman dephub.go.id.

author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply