Mau Mudik, Pakai 6 Aplikasi Smartphone Penunjuk Arah Terbaik Ini! Dijamin

Aplikasi, Gadget, Lainnya 0

Cikancah – Cyber – Penggunaan Aplikasi pada ponsel pintar (Smartphone) saat ini sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat. Aplikasi pada smartphone yang beragam jenisnya selain memberikan banyak pilihan juga bisa membantu dalam kegiatan sehari-hari. Mulai dari aplikasi untuk membantu belajar anak, hingga aplikasi untuk kebutuhan ibu rumah tangga seperti tutorial memasak nyaris semuanya ada saat ini.

Menjelang arus mudik yang sebentar lagi, ternyata ada pula aplikasi yang bisa membantu dan memudahkan kita saat melakukan perjalanan mudik. Aplikasi-aplikasi ini memiliki fungsi dan keunggulan masing-masing, mulai dari sekedar menunjukan arah jalan hingga membantu kita untuk menemukan bengkel dan tempat peristirahatan atau yang lainnya.

Nah, untuk informasi mengenai aplikasi-aplikasi yang bermanfaat saat mudik inilah yang kali ini akan cikancah-cyber bagikan sesuai dengan rangkuman dari Tempo.co, berikut daftar aplikasi tersebut:

Baca juga : 8 Tips Mudik Aman Menggunakan Kendaraan Umum Bus

Google Maps

Aplikasi yang satu ini mungkin sudah sangat familiar bagi kebanyakan pengguna smartphone, karena biasanya memang sudah terpasang sejak awal pada ponsel saat pertama kali dibeli. Jadi kita sebenarnya tak perlu untuk menginstall aplikasi ini lagi. Namun meski begitu aplikasi ini terhitung jarang untuk digunakan, padahal Google Maps sebenarnya bisa sangat bermanfaat terutama untuk menunjukan arah.

Aplikasi ini memiliki pengaturan yang secara otomatis akan menyesuaikan peta dalam navigasi dengan wilayah dimana kita sedang berada. Jadi kita bisa langsung melihat dan memilih rute perjalanan terbaik di wilayah yang sedang kita lalui. Cukup buka aplikasi dan memilih tombol GO maka rute perjalanan serta kondisi jalan dan estimasi waktu perjalanan akan segera muncul. Keunggulan lain Google Maps adalah adanya Google Assistant yang bisa memandu kita lewat suara selama perjalanan. Jadi kita tak harus melihat peta, hal ini tentu sangat membantu terutama  bagi mereka yang sedang konsentrasi mengemudi.

Dengan fitur ini Google Maps tentu akan sangat membantu perjalanan mudik kita. Selain itu aplikasi ini juga bisa menampilkan gambar lokasi langusng dari satelit tentang tempat seperti mall, pom bensi dan juga restoran yang ada di sekitar wilayah yang kita singgahi.

Info Mudik 2018

Untuk aplikasi yang satu ini masih terbilang baru dan mungkin belum banyak yang memilikinya. Namun aplikasi buatan perusahaan pengembang bernama Tuturu Dev. ini mungkin bisa menjadi pilihan sebagai teman mudik karena fiturnya yang sangat membantu.

Info Mudik 2018, merupakan aplikasi yang menyediakan berbagai informasi nagi mereka yang mudik menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.
Bagi pemudik yang mengunakan kendaraan pribadi aplikasi ini dapat memberikan informasi seputar lalu lintas jalan yang di dapat langsung dari NTMC POLRI. Selain itu aplikasi ini juga bisa menyediakan informasi tentang nomor-nomor penting jika kita misal menemui kendala saat mudik.

Sedangkan bagi orang yang mudik dengan menggunakan jasa transportasi umun, aplikasi ini juga bisa memberikan update informasi mengenai harga tiket kendaraan muali dari bus, kereta hingga pesawat.

Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah ukuran memorinya yang kecil jadi tak terlalu berat saat dijalankan. Hal ini tentu sangat membantu terutama bagi yang memiliki ponsel dengan spesifikasi yang tak terlalu tinggi.

Waze

Hampir sama dengan Google Maps, Waze merupakan aplikasi yang bisa menampilkan peta dan rute perjalanan lengkap dengan estimasi waktu dan juga assistan virtual yang bisa menjadi pemandu jalan. Namun dibandingkan Google Maps aplikasi ini memiliki keunggulan karena menyediakan informasi mengenai kecelakaan, cuaca, perbaikan jalan hingga razia Polisi yang terupdate.

Waze juga memiliki komunitas yang cukup aktif bernama Wazer, komunitas ini biasanya sangat membantu terutama saat kita membutuhkan informasi mengenai bengkel ataupun tempat peristirahatan. Waze sendiri saat ini sudah di unduh lebih dari 100 juta kali, jadi aplikasi ini cukup bisa dipercaya sebagai teman perjalanan mudik

Mudik BPJS Kesehatan

Dibuat oleh sebuah lembaga pemerintah yaitu BPJS Kesehatan, Mudik BPJS Kesehatan merupakan aplikasi yang dirancang sebagai wadah berbagi informasi bagi peserta JKN dan masyarakat umum dalam melakukan perjalanan mudik.

Aplikasi ini menawarkan fitur untuk mengakses informaso sepiutar Posko Mudik yang di sediakan oleh BPJS di seluruh kota yang ada di Indonesia. Dengan begini orang akan bisa dengan mudah mengetahui letak fasilitas kesehatan terdekat. selain itu aplikasi ini juga menyediakan informasi mengenai nomor-nomor penting serta informasi mengenai kantor BPJS terdekat. Jadi aplikasi ini bisa sangat berguna jika misalnya kita atau keluarga tiba-tiba sakit dalam perjalanan mudik.

Sygic Offline

 

Salah satu kendala dalam perjalanan mudik adalah kadang adakalanya kita melalui daerah yang tak memiliki jaringan data internet yang kuat atau bahkan tak ada sinyal sama sekali. Hal ini tentu sangat merepotkan jika kita masih asing dengan wilayah itu dan memerlukan bantuan aplikasi untuk menemukan jalan. Untuk mengatasi hal ini ternyat ada juga aplikasi penunjuk jalan yang bisa beroperasi tanpa adanya jaringan data internet alias Offline. Nama aplikasi tersebut adalah Sygic, aplikasi ini tetap bisa menunjukan arah meski di daerah yang tak memiliki sinyal sekalipun.

Tapi untuk melakukanya kita terlebih dulu harus menyimpan peta serta jalur navigasi yang ada pada kartu SD. Jadi kita bisa mempersiapan peta jalur yang akan kita lewati terlebih dulu, sebagai cadangan jika nanti kita tak bisa mendapatkan akses internet. Selain itu Sygic juga memiliki keunggulan lain yaitu banyaknya POI (Point Of View) yang ditawarkan, hal ini membuat peta pada aplikasi Sygic terbilang lebih akurat dari yang lain. Kwalitas aplikasi ini sendiri sudah terbukti dengan gelar sebagai Aplikasi android GPS offline terbaik 2016

JMCARe

Sesuai dengan namanya JMCARe merupakan aplikasi buatan PT jasa Marga yang dirancang untuk memberikan informasi bagi pengguna jalan tol. Fitur dalam aplikasi ini diantaranya push notofication, informasi dan smart assistan yang bisa memberikan pilihan jalur alternatif terbaik saat mudik. Selain itu aplikasi ini juda dilengkapi dengan fitur untuk memanggil mobil derek jika senadanya mobil kita mogok di tengah jalan tol.

JMCare Jasamarga aplikasi juga menyediakan fasilitas streaming untuk melihat langsung pantauan dari semua CCTV yang ada di sekitar jalan tol. Hal ini terbilang sangat membantu pemudik untuk memilih jalur tol yang lebih lenggang dan menghindari jalu tol yang sedang macet.

Sahabat cikancah-cyber.com itulah beberapa aplikasi yang bisa dijadikan teman saat mudik nanti, semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu perjalanan mudik anda.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply