Pendaftaran CPNS 2018 DiBuka Juli, Ini Syarat yang Harus Disiapkan

Berita, Nasional 0
Pendaftaran CPNS 2018

Pendaftaran CPNS 2018 (Ilustrasi)

Cikancah-Cyber – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 bakal dibuka pemerintah setelah helatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang dilaksanakan pada 27 Juni 2018. Kemungkinan besar penerimaan CPNS 2018 dibuka Juli 2018.

Pemerintah sudah mengumumkan di tahun 2018 ini akan merekrut besar-besaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi daerah-daerah. Sistem rekrutmen CPNS 2018 seperti dua gelombang sebelumnya, tahapan seleksi akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) agar lebih transparan.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan pembukaan penerimaan CPNS bisa berlangsung pada Juli 2018 jika Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sudah menyelesaikan formasi penerimaan CPNS.  Terkait jumlah formasi yang dibuka masih dalam tahap perhitungan. Namun diperkirakan berkisar pada angka 200.000 formasi.

Menurut Menteri PANRB Asman Abnur, lowongan terbesar formasi CPNS tahun 2018 akan difokuskan untuk jabatan-jabatan teknis dan spesialis. Langkah ini guna mendukung pembangunan daerah tertinggal, terluar, dan terdepan.

Rekrutmen CPNS akan diprioritaskan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan, tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, poros maritim, ketahanan energi, serta ketahanan pangan.

Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penerimaan PNS baik di pusat maupun daerah, maka titik-titik lokasi SKD dan SKB akan berada di 34 provinsi dengan memperhitungkan jarak dan kendala transportasi peserta.

Dalam mewujudkan hal tersebut, BKN kini tengah menjajaki kerja sama dengan pihak BKD-BKPSDM-BKPP di seluruh provinsi, kabupaten dan kota yang memiliki fasilitas CAT. Selain itu, penjajakan serupa dilakukan pula dengan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang memiliki fasilitas UKG dan UNBK.

Sebagai bagian dari persiapan dibukanya pendaftaran CPNS, BKN menyarankan kepada para calon pendaftar agar memastikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK) miliknya terdaftar pada database nasional Ditjen Dukcapil Kemendagri.

Baca Juga:   Menteri Susi Pudjiastuti Lulus Kejar Paket C dengan Nilai Tertinggi

Jika NIK dan KK anda belum terdaftar, bisa menghubungi call center Ditjen Dukcapil Kemendagri melalui nomor telepon 1500537. Artinya, pendaftar CPNS nantinya harus penduduk resmi yang memiliki KTP dan terdaftar dalam KK.

Baca Juga : Mendikbud Minta Menteri PAN-RB Buka Lowongan 100 Ribu CPNS Guru

Lantas, apa syarat dan bagaimana tata cara pendaftaran? BKN tersebut belum dapat menjawab tuntas lantaran hingga saat ini pendaftaran belum dibuka dan belum ada pula info resmi dari Kemenpan RB.

Namun, admin akun @BKNgoid menyampaikan informasi umum terkait prakiraan berkas yang bakal dibutuhkan. BKN menyaankan agar berkas atau dokumen sebaiknya disiapkan dalam 2 jenis, yakni hard copy dan soft copy. Dikutip dari akun resmi twitter BKN, berkas yang bisa disiapkan pelamar sekarang, antara lain:

  1. Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae(CV),
  2. Scan/foto ijazah,
  3. Transkrip nilai,
  4. Foto diri,
  5. KTP,
  6. KK,
  7. Nilai TOEFL (jika ada).

Proses pelaksanaan rekrutmen dan seleksi CPNS 2018 memegang (enam) prinsip yakni kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari prartik KKN serta tidak dipungut biaya.

Kendati demikian Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Mohammad Ridwan, mengimbaua agar pelamar dan masyarakat selalu berhati-hati dalam menerima segala informasi yang berkaitan dengan penerimaan CPNS 2018.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply