Wisata Ciamis, 31 Tujuan Wisata Ciamis Jawa Barat Yang Wajib di Singgahi

Wisata 0

Cikancah – Cyber – Ciamis merupakan sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Jika dilihat berdasarkan letak geografisnya, Kabupaten Ciamis mempunyai letak yang sangat strategis karena merupakan jalur antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Perbatasan Ciamis sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten dan Kota Tasikmalaya sedangkan Timur berbatasan dengan Kota Banjar dan Provinsi Jawa Tengah.

Mega Wisata Icakan, Ciamis

Suhu udara di Ciamis berkisar 20 hingga 30 dan dapat dikatakan cukup tinggi karena Ciamis mempunyai lokasi yang berdekatan dengan pantai. Pada awalnya Kota Banjar masih termasuk wilayah Ciamis akan tetapi pada tahun 2002 Banjar berubah menjadi otonom. Berbicara wisata Kabupaten Ciamis tidak dapat diragukan lagi, karena letak Kabupaten Ciamis yang berdekatan dengan Banjar dan Pangandaran sehingga tempat wisata yang tersedia pun sangat banyak. Jika ingin berlibur ke Ciamis, berikut ini rekomendasi 31 Tempat wisata Ciamis dan sekitarnya yang wajib kamu kunjungi ketika musim libur telah tiba. Simak pembahasannya!

Baca juga : 8 Kota Terpopuler Untuk Tempat Liburan di Tahun 2018

  1. Mega Wisata Icakan – Mega Wisata Icakan merupakan salah satu tempat wisata terbaik yang ada di Kabupaten Ciamis tepatnya terletak di Sukamulya, Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Mega Wisata Icakan terletak tepat di kaki gunung syawal dan memiliki danau buatan serta terletak di sekitar perbukitan, tempat wisata ini mempunyai luas yang besar yaitu sekitar 70 H. Rute perjalanan untuk menuju mega wisata icakan jika menggunakan kendaraan pribadi maka yang menjadi patokan yaitu alun-alun Ciamis dari alun-alun lurus terus menuju jalan utama mega wisata icakan, namun jika menggunakan kendaraan umum dapat menggunakan angkutan umum 016 hyrysan Jalatrang – Ciamis. Mega wisata icakan merupakan tempat wisata terbesar di Ciamis dan memiliki berbagai wahana dan fasilitas yang lengkap. Yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata ini yaitu biaya tiket yang dapat dikatakan murah.
  2. Kampung Adat Kuta – Kampung Adat Kuta merupakan sebuah dusun adat yang terletak di Desa Karangpaninggal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis. Kampung adat merupakan salah satu wisata budaya di Indonesia ini mempunyai kebiasaan dan adat yang masih dipertahankan sejak dahulu hingga sekarang sehingga adat dan kebiasaan dari warga kampung adat ini menjadi daya tarik para wisatawan untuk dikunjungi. Kampung adat kuta mempunyai 2 RW dan 4 RT. Kampung Kuta terletak di sekitar lembah yang curam dan disekitar kampung terdapat tebing-tebing perbukitan. 

    Nama “Kuta” dalam bahasa Sunda mempunyai arti pagar tembok. Konon katanya berdirinya kampung adat kuta berhubungan dengan berdirinya kerajaan Galuh dan dahulu kampung kuta akan dijadikan ibu kota dari Kerajaan Galuh akan tetapi tidak jadi. Berdirinya Kampung Kuta mempunyai banyak cerita bersejarah berhubungan dengan Kerajaan Galuh. Adapun tokoh yang sangat terkenal yaitu Aki Bumi dan Tuan Batasela. Adat dan kebiasaan para warga kampung Kuta tetep mempertahankan adat kebiasaan dari para leluhurnya. Dengan mempertahankan adat kebiasaan maka kondisi alam sekitar pun terjaga mulai dari hutan, mata air dan pohon-pohon sekitar tetap terjaga.

  3. Curug 7 Cibolang – Curug Tujuh Cibolang merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Barat curug yang terletak di Panjalu, Kabupaten Ciamis. Curug tujuh cibolang merupakan tempat wisata alam yang mempunyai keindahan alam yang luar biasa. Yang menjadi daya tarik para wisatawan yaitu curug tujuh cibolang mempunyai air terjun dengan 7 tingkat. Curug tujuh cibolang terletak pada ketinggian 800 hingga 900 mdpl. Dengan suhu berkisar 17 hingga 18 derajat celcius, tentunya dengan keindahan alam yang mempesonan cuaca sekitar curug pun sangat sejuk.Kemudian curug yang terakhir yaitu curug keenam (curug cileutik) dan curug ketujuh (curug cibuluh) curug tersebut mempunyai ketinggian sekitar 30 meter. Fasilitas yang tersedia pun dapat dikatakan lengkap untuk wisata alam seperti ini. Mulai dari area parkir, mushola, kamar mandi bahkan penginapan pun sudah tersedia. Untuk akses kendaraan menuju tempat wisata ini jika menggunakan kendaraan pribadi dapat langsung melakukan pencarian pada google maps, tempat ini sudah terdapat pada google maps sehingga kamu hanya perlu mengikuti rute yang telah ditentukan. Perhatikan juga tips wisata ke air terjun agar berlibur ke air terjun dapat menyenangkan.
  4. Situ Lengkong Panjalu – Situ Lengkong merupakan danau yang terletak di Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis. Danau ini mempunyai kedalaman sekitar 4 hingga 6 meter dan memiliki sebuah pulau yang dsebut dengan Nusa Larang atau Nusa Gede. Danau ini terletak di ketinggian 70 mdpl dan mempunyai suhu yang sejuk dengan pemandangan alam yang hijau. Kondisi sekitar danau masih bersih belum tercemar oleh polusi, selain wisata alam situ Lengkong juga dapat dijadikan wisata budaya. Para wisatawan selain menikmati keindahan alam dapat pula berziarah menuju makam kuno Prabu Hariang Kancana yang terletak di Nusa Larang. Selain itu terdapat juga Musieum Bumi Alit dimana di museum tersebut terdapat berbagai benda peninggalan raja-raja Panjalu mulai dari menhir, batu pengsucia, dan berbagai perkakas seperti pedang. 

    Sedangkan fauna yang hidup di Nusa Larang yaitu tupai, burung hantu dan kelelawar. Situ Lengkong terkenal akan mitosnya yaitu konon air danau situ lengkong terbentuk dari tetesan air zam-zam. Sekitar abad ke-7 putra raja panjalu yang bernama Borosngora menimba ilmu ke Mekah. Sang guru Borosngora memberi syarat jika akan kembali ke Panjalu harus membawa air zam-zam, sehingga saat beliau pulang ke Panjalu beliau membawa air zam-zam dan menumpahkan ke lembah pasir jambu dan keajaiban membuat danau tersebut bertambah air hingga membentuk danau. Untuk menghormati para leluhur warga setempat setiap tahunnya melakukan upacara Nynagku yang dilakukan setiap bulan Mulud.

  5. Cagar Alam Pananjung – Cagar Alam Pananjung merupakan cagar alam yang terletak disekitar pantai pangandaran. Berbagai flora dan fauna hidup di cagar alam ini, adapun flora yang tumbuh di cagar alam ini diantaranya yaitu laban, merong, kisegel, pepohonan kondang, dll, Sedankan fauna yang hidup di cagar alam ini yaitu tando, kalong, lutung, banteng, rusa dan landak. Selain itu berbagai hewan reptil dan burung juga banyak tinggal di cagar alam ini. 

    Selain dapat melihat keindahan alam dan melihat berbagai flora fauna yang hidup di cagar alam, disekitar cagar alam terdapat berbagai objek wisata yang dapat dikunjungi diantaranya yaitu gua panggung, gua lanang, batu kaide dan cirengganis. Untuk memasuki wisata alam cagar alam pananjung yaitu dikenakan tarif Rp.16.000 dan ketika musim libur Rp.21.000 sedangkan untuk wisatawan asing yaitu Rp.215.000 dan Rp.315.000 saat hari libur. Jika kamu ingin mengelilingi cagar alam dengan guide, di pintu pembayaran tiket biasanya ditawarkan pemandu yang akan memandu dalam mengelilingi cagar alam biasanya guide tersebut meminta bayaran Rp.50.000/jam namun jika bersama rombongan besar biasanya sekitar Rp.150.000.

  6. Cukang Taneuh / Green Canyon – Cukang Taneuh atau lebih dikenal dengan Green Canyon Pangandaran merupakan wisata alam yang terletak di Desa Kertayasa, Kabupaten Ciamis. Green canyon berjarak sekitar 31 km dari Pangandaran. Untuk menuju ke green canyon jika menggunakan kendaraan umum maka gunakan bus dengan jurusan Pangandaran dan turun di Terminal Pangandaran setelah itu lanjutkan perjalanan menggunakan mini bus hingga ke terminal Cijulang kemudian lanjutkan perjalanan dengan ojek atau menyewa kendaraan pribadi.Untuk sampai ke Green Canyon maka gunakan perahu kayu daro dermaga Ciseureuh dan membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Tarif perahu tersebut yaitu Rp.75.000/orang, perlu diingat jam operasi untuk menuju green canyon yaitu pukul 7.30 hingga 16.00 WIB. Sepanjang perjalanan menuju green canyon kamu dapat melihat berbagai pemandangan yang indah, pepohonan hijau dan air sungai yang berwarna jernih. Salah satu kegiatan favorite para wisatawan yaitu Body Rafting, adapun tarif Body Rafting yaitu sekitar Rp.150.000 hingga Rp.250.000.
  7. Pantai Pangandaran – Pantai Pangandaran merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi tempat favorite warga Jawa Barat. Pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan bahkan banyak wisatawan mancanegara yang berlibur ke Pantai Pangandaran. Pangandaran mempunyai 2 pantai yaitu pantai barat dan pantai timur. 

    Pantai Barat biasanya dijadikan tempat bermain bersama keluarga, berenang, dan juga berjemur dibawah matahari. Sedangkan pantai timur merupakan tempat berbagai kuliner makanan laut dan juga berbagai tempat untuk berbelanja ikan segar. Pantai timur juga merupakan pantai yang dijadikan tempat untuk bermain jet ski dan banana boat. Tunggu apalagi segera agendakan waktu berliburmu untuk mengunjungi pantai pangandaran. Jangan lupa siapkan perlengkapan rekreasi ke pantai untuk anak.

Berbagai fasilitas dan wahana yang lengkap di mega wisata icakan membuat tempat ini sering dijadikan tempat berlibur keluarga. Berberapa wahana yang tersedia diantaranya yaitu waterboom, flying fox, monster rat, sepedah air, kereta wisata, bus wisata, naik kuda dan atv. Wahana monster rat yaitu wahana roller coaster, jika kamu ingin berkeliling mega wisata icakan dapat menggunakan kereta wisata atau jika ingin berkeliling lebih luas dapat menggunakan bus wisata. Sedangkan fasilitas yang tersedia yaitu gazebo untuk beristirahat, penginapan, sirkuit, perahu di danau buatan, kolam terapi ikan, dll. Nah bagaimana sangat banyak bukan fasilitas dan wahana yang tersedia di mega wisata icakan. Untuk harga tiket masuk sangat murah yaitu Rp.5.000 , setiap wahana Rp.10.000 dan penyewaan gazebo yaitu Rp.30.000.

Itulah tujuh tempat wisata yang ada di Ciamis. Selain tempat wisata tersebut masih banyak lagi tempat wisata yang ada di Ciamis diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Pantai Btau
  • KarasLembah Putri
  • Pantai Karang Nini
  • Pantai Batu Hiu
  • Ciung Wanara (Situs Peninggalan Kerajaan Galuh)
  • Pantai Karapyak
  • Pantai Keusik Luhur
  • Wisata Batu Ngampar
  • Masjid Agung Ciamis
  • Arung Jeram Sungai Citandung
  • Alun-alun Ciamis
  • Jembatan Sasak Cirahong
  • Madasari
  • Pantai Karang Tirta
  • Majingklak
  • Puncak Mandala Rancah
  • Wisata Sungai Citumang
  • Situ Lengkong
  • Astana Gede Kawali
  • Situ Mustika
  • Desa Wisata Jelat
  • Palatar Agung
  • Sirkuit BMX Ciamis
  • Sukahaji Waterboom

Sekian pembahasan mengenai 31 tempat wisata Ciamis. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan referensi tempat berliburmu ketika mengunjungi Ciamis. Selamat berlibur!

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply