Pendaftaran dan Seleksi CPNS 2018 Akan Terintegrasi di BKN

Berita, Nasional 0
Pendaftaran dan Seleksi CPNS 2018

Pendaftaran dan Seleksi CPNS 2018 (Dok.Cikancah-Cyber)

Cikancah-Cyber – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018, kembali dibuka oleh Pemerintah. Rencananya pendaftaran ini akan mulai diumumkan pada bulan akhir bulan Juli ini.

Menurut Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Iwan Hermanto, ada yang berbeda pada pembukaan seleksi CPNS 2018 pada tahun ini. Perubahan yang dimaksud adalah pendafataran dan pelaksanaan seleksi CPNS akan dilakukan secara terpusat atau terintegrasi.

Artinya seluruh pendaftaran dan seleksi CPNS benar-benar akan dikelola melalui satu website yang dikelola oleh BKN yakni www.sscn.bkn.go.id. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kecurangan-kecurangan yang terjadi dalam proses penerimaan CPNS 2018 tahun ini.

Baca Juga : Pendaftaran CPNS 2018 DiBuka Juli, Ini Syarat yang Harus Disiapkan

Tidak seperti pada pendaftaran tahun lalu, masing-masing Kementerian dan Lembaga membuka website pribadi untuk mendaftar. Yang pada akhirnya, hal tersebut sempat menimbulkan kekisruhan yang berujung pada kecurigaan publik.

“Pendaftaran CPNS 2017 akan dilakukan terintegrasi melalu protap nasional (www.sscn.bkn.go.id) dan tidak ada pendaftaran melalui proyek mandiri oleh instansi,” ujarnya.

Sementara untuk proses seleksi CPNS 2018 juga nantinya akan terintegrasi agar sesuai ekspektasi publik. Dalam proses seleksi nantinya hanya akan diselenggarakan lewat BKN dengan mekanisme Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) berbasis Komputer Assisted Rest (CAT).

Masih menurut Iwan, dengan kebijakan tersebut diharapkan proses seleksi bisa lebih cepat dan kredibel. Sebab, semua proses seleksi dan pendaftaran hanya melalui satu pintu dan dalam waktu yang bersamaan.

Baca Juga:   Buruknya Pelayanan Publik, Laporin Ke 1708
Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply